BBM Naik Lagi

Oil Per tanggal 24 Mei 2008 pemerintah Indonesia secara resmi menaikkan Harga bahan bakar minyak dengan rata-rata presentase kenaikan sebesar 27,8%, hal disampaikan oelh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro di Kantor Menko Perekonomian pukul 21.30 tadi malam. Hadir dalam pengumuman tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensos Bachtiar Chamsyah, dan Menhub Syafii Djamal

Kenaikan BBM kali ini merupakn kenaikan yang ketiga kalinya sejak jaman pemerintahan presiden SBY pemerintah telah menaikkan harga BBM pada 1 Maret 2005,dengan kenaikan rata-rata sebesar 30%. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 2005 pemerintah menaikkan kembali harga BBM dengan kenaikan rata-rata sebesar 100%.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga BBM di tahun 2008 ini yaitu Pertama, dari sisi teknis, kelangkaan BBM terjadi karena supply BBM bersubsidi berkurang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal dan nasional. Berkurangnya supply BBM disebabkan adanya program konversi minyak tanah ke gas LPG dan terjadinya goncangan harga minyak dunia. Kedua Meningkatnya harga minyak dunia sebesar 40% hanya dalam waktu empat bulan, menyebabkan kemampuan finansial Pertamina mengimpor minyak mentah dan BBM menjadi sangat terbatas. Akibatnya Pertamina tidak dapat memenuhi kebutuhan kilang minyaknya yang berdampak pada berkurangnya pasokan BBM. Dalam APBN 2007, alokasi BBM bersubsidi sudah dikurangi pemerintah dari semula 37,9 juta kilo liter pada tahun 2006 menjadi 36,9 juta kilo liter pada tahun ini.

Setelah BBM Naik otomatis diikuti dengan kenaikan sejumlah barang-barang kebutuhan pokok yang sekarang harganya sudah melambung menjadi semakin melambung. Semoga pemerintah mendengar jeritan masyarakat kalangan bawah yang semakin tertekan hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: